7 alasan kenapa kita harus donor darah

Ada saatnya dulu ketika saya takut untuk melakukan satu hal ini..

Donor Darah

Bulan lalu beruntung ada kesempatan untuk bisa melakukan satu hal yang dulu pernah saya takuti ini-paling tidak sampai tingkat 2 di kampus.

Kenapa takut? Oh, jelas. Darah yang diambil cukup membuat hati dag-dig-dug, bahkan ketika posisi kita hanya melihat dari jauh. Jarumnya berukuran besar dan panjang sekali. Peralatan di sekitar lokasi donor darah juga selalu tampak menyeramkan: gunting, jarum, plester, perban, tabung-tabung kimia, dan lain-lain. Selain itu banyak sekali pendonor yang setelah selesai donor darah mengalami pusing, sempoyongan, bahkan jatuh pingsan. Juga masih banyak hal menyeramkan lainnya. Satu-satunya hal yang tidak menyeramkan hanyalah souvenir dan berbagai makanan yang disajikan setelah kita selesai melakukan donor darah, he he ๐Ÿ˜€

Tapi setelah saya baca-baca artikel di internet (terima kasih mbah google), ternyata donor darah banyak sekali manfaatnya. Dan ini membuat saya harus berpikir terbuka dan harus membuang segala belenggu yang sebelumnya ada. Sama seperti parasut yang dipakai oleh penerjun payung, pikiran kita hanya berfungsi jika kita membuatnya terbuka.

Setelah saya rangkum dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi, berikut 7 hikmah yang akan kita dapatkan setelah melakukan donor darah:

1. Menolong orang yang membutuhkan

Orang memerlukan bantuan darah ketika mereka mengalami kecelakaan, operasi kesehatan, dan lain-lain. Dengan mendonorkan darah, maka kita menyediakan persediaan bagi mereka yang membutuhkannya. Mungkin kita sering dengar slogan “give blood, save lives“. Ya, setetes darah dapat menyelamatkan hidup seseorang.

2. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan zat besi dalam darah memiliki korelasi dengan meningkatnya resiko terkena penyakit jantung. Zat besi yang berlebihan juga dapat menyebabkan oksidasi kolesterol. Produk oksidasi tersebut akan menumpuk dalam dinding arteri yang memperkecil luas permukaan aliran darah. Semakin lama, tumpukan ini akan menyumbat dan meningkatkan peluang terkena serangan jantung dan stroke. Dengan rutin mendonorkan darah, maka jumlah zat besi dalam darah bisa lebih stabil.

3. Membersihkan darah

Ketika mendonorkan darah, tubuh akan segera menggantinya dengan darah yang baru! Sel darah ini diproduksi di sumsum tulang belakang. Tubuh membutuhkan waktu sedikitnya 2 bulan untuk memproduksi darah dengan jumlah yang sama dengan yang didonorkan. Jadi tidak akan pernah habis darah seseorang yang rutin mendonorkan darahnya. Sebaliknya, pendonor darah akan selalu mendapatkan pasokan darah yang baru sesaat setelah selesai mendonorkan darahnya. Seperti air bak mandi, air yang bersih pastilah air bak mandi yang sering dikuras bukan?

4. Menurunkan berat badan!

Setiap 450 mL darah yang kita donorkan, akan membantu proses pembakaran kurang lebih 650 kalori. Itu adalah jumlah kalori yang cukup signifikan untuk membuat tubuh kita ramping ๐Ÿ˜€

5. Menjadi sehat secara psikologis, dan dapat dilakukan oleh siapa saja, tua muda, miskin kaya ๐Ÿ™‚

Mungkin kita semua tidak punya uang 2 Milyar untuk bisa disumbangkan. Tapi pasti kita semua punya sedikit darah untuk didonorkan. Dan mungkin kepuasan ย mendonorkan darah 450 mL secara psikologis bisa sama puasnya dengan menyumbangkan uang 2 Milyar (saya sendiri belum pernah menyumbang 2 Milyar, he he. Semoga nanti bisa), apalagi ketika “sumbangan” yang kita berikan bisa menyelamatkan nyawa orang lain. Tidak ada yang bisa menilai nyawa seseorang kan ya? Selain itu, penelitian juga menyebutkan bahwa orang usia lanjut yang rutin mendonorkan darahnya akan merasakan energi dan kebugaran yang lebih.

6. Mendeteksi penyakit lebih dini

Setiap melakukan donor darah, ada serangkaian tes yang diberikan kepada calon pendonor. Serangkaian tes gratis ini dapat memberikan deteksi awal terhadap berbagai penyakit yang mungkin belum pernah kita sadari ๐Ÿ™‚

7. Makanan dan souvenir, gratis!

Percayalah, penyelenggara donor darah selalu menyiapkan konsumsi yang cukup untuk menghibur kita sesaat setelah donor darah. Beberapa bahkan menyiapkan souvenir yang cukup bernilai seperti pin, topi, gelas, piring, bahkan payung cantik ๐Ÿ˜€

so, tertarik untuk menjadi pendonor darah secara rutin?

hubungi saya bulan depan kalau ada event donor darah selanjutnya ya! hehe

20130321_121509

Donor darah juga boleh narsis.. :p

About farisfirmansyah

interested in entrepreneurship, human development, technology innovation, travelling & culinary =)

Satu komentar

  1. Levina Suprapto

    mau yang nomor 4

Tinggalkan komentar